Selera Milenial, Beli Rumah pun Harus Instagramable
Generasi milenial dengan rentang usia 24 hingga 39 tahun saat ini mendominasi pasar di Indonesia. Maka, pelaku usaha harus memahami selera milenial untuk memasarkan produknya, termasuk properti.
Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong menyatakan, setidaknya ada tiga pertimbangan milenial sebelum membeli rumah tinggal, yakni akses, pembayaran, dan konsep. Ini berbeda dengan pola pikir generasi sebelumnya.
"Kalau konsumen dulu, (pertimbangannya) lokasi, lokasi, dan lokasi," ujar dia dalam Properti Outlook 2019 di Jakarta, Kamis (24/1).
Menurutnya, milenial tak keberatan dengan lokasi rumah yang sedikit jauh dari tempatnya beraktivitas, asal aksesnya mudah. Itulah kenapa hunian di kawasan Serpong menarik minat milenial, meski jaraknya cukup jauh dari Jakarta.
(Baca: Investor Milenial Semakin Mendominasi Pasar Modal)
Lalu, milenial melihat harga dan cara pembayaran. Di dalamnya, milenial akan melihat besaran uang muka (Down Payment/DP), bunga, hingga cicilan Kredit Pemilihan Rumah (KPR).