Tahun Ini, KPK Pecahkan Rekor OTT Terbanyak Sepanjang Sejarah

Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2018, 17:11
KPK
ARIEF KAMALUDIN I KATADATA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan 28 Operasi Tangkap Tangan (OTT) sepanjang 2018. Angka ini diklaim sebagai yang terbanyak sepanjang sejarah berdirinya KPK.

Sementara tahun lalu, KPK ‘hanya’ menggelar 19 kali operasi tangkap tangan. "Jumlah kasus tangkap tangan di tahun 2018 ini melampaui tahun sebelumnya dan merupakan terbanyak sepanjang sejarah berdirinya KPK," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam Konferensi Pers Kinerja Akhir Tahun KPK 2018, Rabu (19/12).

Advertisement

Saut mengatakan, dari 28 kasus tersebut, KPK telah menetapkan 108 orang sebagai tersangka. "Ini belum termasuk tersangka yang ditetapkan (setelah pengembangan)," ujarnya.

Saut juga menjelaskan, meski barang bukti yang didapat ketika OTT tidak selalu besar, namun langkah tersebut jadi pintu masuk kasus gratifikasi serta Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Beberapa kasus yang berhasil dikembangkan melibatkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Gubernur Jambi Zumi Zola, Bupati Kebumen Yahya Fuad, Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latief, hingga Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

(Baca: KPK Soroti Penerimaan Pajak Reklame DKI Jakarta yang Tak Optimal )

Saut melanjutkan, sepanjang tahun ini KPK melakukan 157 kegiatan penyelidikan, 178 penyidikan, serta 128 kegiatan penuntutan kasus dugaan korupsi. Kasus-kasus tersebut berasal dari kasus baru maupun sisa perkara yang ditangani sejak tahun sebelumnya. "Selain itu kami juga mengeksekusi 102 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement