Pengembang Perumahan Modifikasi Skema Pembayaran bagi Milenial

Desy Setyowati
14 November 2018, 18:03
Pameran Properti
Agung Samosir|KATADATA

Besarnya populasi dan penghasilan generasi milenial menarik pengembang perumahan untuk memasarkan produknya. Pengembang pun mulai berinovasi dengan menyediakan sistem pembayaran properti yang sesuai dengan minat para pekerja baru ini.

Caranya bermacam-macam, seperti uang muka (down payment/DP) nol persen atau tidak membebankan biaya Kredit Pemilikan Rumah atau Apartemen (KPR/KPA) kepada konsumen. "Banyak sekali developer yang mempermudah konsumen sesuai kemampuan," ujar General Manager Sales Rumah123.com Maria Herawati Manik di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (14/11).

Menurutnya, uang muka menjadi salah satu alasan milenial enggan memiliki rumah. Kajian Rumah123.com menunjukan, 43% dari 1.922 responden berpenghasilan Rp 10 juta ke bawah, kesulitan memenuhi DP. Lalu, sebanyak 43,6% dari responden berpenghasilan Rp 10 juta ke atas tak mampu membayar DP. 

(Baca juga: Pemerintah Kaji Penghapusan PPnBM dan PPh 22 Rumah Mewah)

Untuk itu, persoalan inilah yang coba diatasi oleh pengembang. "Banyak sekali (yang tertarik) kalau DP nol persen, karena mereka tidak harus mengeluarkan dana besar. Itu (milenial) ambil kesempatan," kata Maria.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...