Forum IMF-Bank Dunia Ciptakan 32 Ribu Lapangan Kerja di Bali

Desy Setyowati
13 Oktober 2018, 19:29
Paviliun Indonesia di Annual Meeting IMF-WB 2018
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Sejumlah pengunjung bercengkrama di dalam gedung Indonesia Pavilion, Nusa Dua , Bali (12/10). Direktur IMF Chrsitine Lagarde, puji perkembangan industri strategis, pariwisata hingga Fintech Indonesia.

Pemerintah mencatat, 36.619 orang hadir di Sidang tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia. Acara ini tercatat menciptakan 32 ribu lapangan kerja. Sementara okupansi hotel di Bali mencapai 70-80%.

"Dengan asumsi penerimaan peserta 19 ribu orang saja, pertumbuhan ekonomi Bali (diproyeksi) 6,54%. Tapi kalau begini pasti akan lebih besar dari itu," kata Ketua Panitia Nasional Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Art, Bali, Sabtu (13/10).

Untuk kelancaran acara, pemerintah telah memperlebar pelataran pesawat atau apron Bandara Ngurah Rai. Alhasil, ada tambahan kapasitas penumpang pesawat hingga 1,2 juta per tahun.

Sejalan dengan kondisi ini, Luhut optimistis neraca jasa bisa meningkat. Yang pada akhirnya, hal ini akan memperbaiki defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD) yang diproyeksi berada di level 2-2,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB) di 2018.

(Baca juga: "Winter is Coming", IMF Ingin Negara Berkembang Naikkan Iuran Anggota)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...