Bekraf Kirim 5 Merek Fesyen ke Pameran 'Jalanan' di AS

Desy Setyowati
22 Juni 2018, 17:31
Indonesian Fashion Week 2014
Donang Wahyu | KATADATA

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengirim lima brand ke pameran streetwear Agenda Show, di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kelimanya adalah Elhaus, Paradise Youth Club, OldblueCo, Monstor, dan Potmeetspop.

Kelima merek ini bakal bersaing dengan merek busana dari banyak negara, untuk memperkenalkan produknya di pasar AS. "Belajar dari tahun lalu, Jepang dan Korea Selatan adalah pesaing berat Indonesia," ujar salah seorang kurator Bekraf Khairiyyah Sari saat konferensi pers di Hard Rock Cafe, Jakarta, Jumat (22/6).

Advertisement

Menurutnya, kedua negara tersebut fokus menghadirkan produk berkualitas tinggi dan sangat memperhatikan detail. Oleh sebab itu, Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak mendorong kelima brand Indonesia yang dikirim untuk belajar banyak dari produsen asal kedua negara tersebut.

Menurutnya, fragment shop dari Jepang dan Korea Selatan memang sangat baik. Namun, bukan berarti Indonesia tidak punya kesempatan. Hal yang akan diusung oleh Indonesia adalah cerita dibalik brand ataupun produk yang dipasarkan. Sebab, pasar AS memang sangat menyukai produk yang memiliki cerita unik di dalamnya.

(Baca juga: Incredibles 2 Raih Rekor Baru Film Animasi Rp 2,5 Trilun)

Namun, cerita saja belum cukup untuk bisa menyaingi Jepang dan Korea Selatan. "Hal-hal lain harus kami tingkatkan yaitu fragmentship, ukuran, standar dan yang lainnya. Jadi konsisten kualitas," kata Joshua.

AS merupakan negara tujuan ekspor produk busana terbesar Indonesia. Nilai ekspornya mencapai US$ 4,72 miliar, tahun lalu. Setelah itu, Jepang dengan nilai ekspor US$ 943,6 juta dan Jerman senilai US$ 701 juta. "Maka kehadiran Indonesia di pameran itu sangat penting untuk merebut pasar AS," ujar Joshua.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement