Hindari Macet, ASDP Imbau Pemudik Menyeberang Siang Hari

Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2018, 16:27
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pemudik sepeda motor menunggu kedatangan kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (21/6). Pada malam H-4, Pelabuhan Merak mulai dipadati pemudik sepeda motor.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau pemudik agar menggunakan fasilitas penyeberangan pada siang hari. Hal ini untuk menghindari kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang akan menyeberang pada malam hari.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan jam kritis penyeberangan biasanya terjadi mulai pukul 22.00 dan berlangsung selama enam hingga delapan jam. Oleh sebab itu Ira meminta masyarakat memperhatikan waktu-waktu kritis ini.

Menurutnya, banyak pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua cenderung memilih menyeberang pada malam hari. "Karena (antrean) motor bisa mencapai 20 ribu saat itu," kata Ira usai rapat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (7/6).

(Baca juga: Upaya Pemerintah Antisipasi Kemacetan Panjang di Tol Saat Mudik)

Ira mengatakan, tahun ini diperkirakan 4,2 juta pemudik akan menggunakan moda Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), sebanyak 1 juta di antaranya membawa kendaraan.

Ia juga memastikan tak ada kenaikan harga tiket kapal pada jalur-jalur yang dikelola ASDP. “Kami satu-satunya yang tidak ada tuslah.”

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...