Menteri Susi Akan Bangun Pasar Ikan Modern di Palembang dan Soreang

Proyek membangunan pasar ikan modern di Palembang, Sumatera Selatan dan Soreang, Jawa Barat telah masuk dalam anggaran belanja KKP.
Michael Reily
8 Februari 2018, 19:24
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meresmikan Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Jakarta Utara. Setelah di DKI   

Perizinan tersebut terbagi menjadi empat fase. Fase survei dan eksplorasi memiliki 117 perizinan, fase pengembangan dan konstruksi memuat 137 perizinan, fase produksi terdiri atas 109 perizinan dan fase pascaoperasi mencakup 10 perizinan.
Perizinan tersebut terbagi menjadi empat fase. Fase survei dan eksplorasi memiliki 117 perizinan, fase pengembangan dan konstruksi memuat 137 perizinan, fase produksi terdiri atas 109 perizinan dan fase pascaoperasi mencakup 10 perizinan.

  Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana membangun pasar ikan modern di Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Tujuan pemerintah adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, target konsumsi ikan masyarakat pada 2018 sebesar 53 kilogram per kapita. Perhitungan KKP, saat ini konsumsi ikan per kapita per tahun baru mencapai 46 kilogram.

“Kalau sumber lebih dekat dan pasar lebih bagus, kami harapkan masyarakat akan lebih senang makan ikan,” kata Susi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/2).

Advertisement

(Baca juga: Menteri Susi Merajuk, Anies Akan Gratiskan Pantai Jakarta)

Susi pun berharap proyek percontohan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta bisa memancing investor untuk memberikan pendanaan produk kelautan dan perikanan nasional.

Oleh karena itu, Susi mengimbau Pemerintah Daerah untuk memberikan tanah di wilayah perkotaan untuk dibuatkan menjadi pasar ikan modern. “Persoalannya, ketika saya ke daerah, dikasihnya daerah yang jauh dari masyarakat,” ujarnya.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo menjelaskan pasar ikan di Surabaya, Jawa Timur masih dalam tahap perencanaan. KKP pun hanya menargetkan pembangunan 3 pasar ikan modern pada 2018.

“Sudah kami anggarkan untuk Palembang, Sumatera Selatan dan Soreang, Jawa Barat,” kata Nilanto.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait