Melunak di Depan Jokowi, Susi Izinkan Nelayan Kembali Pakai Cantrang

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2018, 18:33
Susi Pudjiastuti
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Susi Pudjiastuti menyapa nelayan peserta lomba hias kapal di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Minggu (7/5).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akhirnya melunak. Setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Susi pun mengizinkan nelayan untuk kembali menggunakan cantrang.

Keputusan itu disampaikannya langsung di depan para demonstran yang menggelar aksi di depan Istana Merdeka, Jakarta. Susi pun naik ke atas mobil komando untuk memberikan pernyataan soal cantrang.

Meski penggunaan cantrang kembali diizinkan, namun kapal-kapalnya tetap harus terdaftar dan menjalani uji ukur. Selain itu, nelayan juga hanya diperbolehkan untuk menggunakan armada cantrang yang sudah ada, tidak boleh ada kapal baru.

Susi memang menemui para demonstan usai rapat dengan Jokowi dan beberapa kepala daerah soal cantrang. “Bapak dan Ibu semua yang hadir hari ini keputusan tadi tolong dihormati. Saya tidak mau ada kapal cantrang illegal,” kata Susi, Rabu (17/1).

(Baca juga: Larangan Cantrang Berlaku, 12 Pabrik Surimi Tutup

Selain itu, Susi juga tetap meminta para nelayan beralih ke alat tangkap baru yang ramah lingkungan. Menurutnya, pemerintah pusat serta daerah akan mengupayakan bantuan kredit bagi mereka yang bersedia untuk beralih jaring. "Yang kredit macet juga akan dibantu, tapi tidak boleh bohong ukuran kapal atau digembosi," kata Susi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...