Permintaan Tinggi, Harga Cabai dan Telur Melonjak Jelang Tahun Baru

Michael Reily
29 Desember 2017, 13:54
ilustrasi pasar tradisional
Arief Kamaludin|KATADATA

Harga cabai dan telur terus meningkat menjelang tahun baru. Tren kenaikan harga yang terjadi sejak menjelang Natal itu membuat pemerintah mewaspadai ancaman inflasi.

Di Pasar Induk Kramat Jati, harga cabai rawit sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram dari normalnya sekitar Rp 25 ribu per kilogram. Tingginya harga cabai membuat pedagang mengurangi pembeliannya.

Di pihak lain, pembeli yang cenderung menawar harga barang-barang di pasar membuat keuntungan pedagang menipis, hingga Rp 2.000 per kilogram. “Saya tidak mampu beli banyak karena harganya mahal,” kata Eva yang berjualan bumbu dapur di Pasar Induk Kramat Jati kepada Katadata, Jumat (29/12).

Sementara Ade, seorang pedagang lain menyatakan bahwa pasokan cabai saat ini masih relatif aman. Menurutnya, jika curah hujan terus bertambah dan pasokan berkurang, harga cabai bisa naik lebih tinggi lagi.

Sambil mengawasi kuli-kuli yang mengangkut cabai dari mobil pick up dan menjawab pesanan lewat telepon, Ade berujar, “Pembeli juga masih tetap banyak, aman.”

(Baca juga: Jaga Daya Beli, Pemerintah Tak Naikkan Harga BBM & Listrik Awal 2018)

Selain cabai, harga telur ayam ras juga terpantau naik. Anton, seorang pedagang di Pasar Kramat Jati menyatakan, harga telur ayam ras naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram. “Selain harganya mahal, pasokannya dari agen juga sulit,” tutur Anton.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata cabai merah pada 29 Desember adalah Rp 37.900 per kilogram. Angkanya terus naik dibanding 21 Desember yang sebesar Rp 35.550 per kilogram. Begitu juga harga cabai rawit merah per kilogram pun naik hingga Rp 47.250, naik dibandingkan 8 hari lalu yang hanya Rp 39.050.

Untuk telur ayam ras, pantauan PIHPS yang dikelola Bank Indonesia (BI) menyebut harganya sebesar Rp 28.800 per kilogram pada 29 Desember 2017. Angkanya naik dari Rp 25.900 per kilogram pada 21 Desember lalu.

Secara nasional, data Kementerian Perdagangan, 28 Desember, menyebutkan harga cabai nasional sebesar Rp 34.481 per kilogram. Malah, harganya sempat mencapai Rp 35.267 pada 27 Desember. Untuk telur ayam, harga 28 Desember sebesar Rp 26.678, meningkat dari Rp 26.021 pada 27 Desember.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...