TIKI Luncurkan Fitur Jemput Barang untuk Pengusaha E-Commerce

Michael Reily
28 Desember 2017, 18:02
Logistik e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja memilah paket barang di gudang logistik TIKI di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) meluncurkan fitur Jemput Online (Jempol) untuk pengusaha e-commerce. TIKI berharap transaksi digital menjadi salah satu faktor yang bisa memacu perkembangan ekonomi.

Managing Director TIKI Tomy Sofhian menyatakan, pengguna individual porsinya sebesar 60%, sementara sisanya merupakan pengguna korporasi. Menurutnya, e-commerce saat ini bukan hanya didominasi oleh korporasi. Sebab, banyak juga individu yang berjualan barang secara online dengan skala kecil.

Advertisement

Managing Director TIKI Tomy Sofhian menyatakan, banyak di antara pengusaha online tersebut yang membutuhkan penjemputan barang dagangan. “Kami berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Tomy di Jakarta, Kamis (28/12).

Namun, fitur Jempol TIKI masih baru bisa dilakukan di Jakarta. “Pengiriman dari Jakarta mungkin sekitar 50% dari keseluruhan TIKI,” ujar Tomy. Porsinya bakal sekitar 65% jika ditambahkan Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

(Baca juga:  WTO Perpanjang Moratorium, Indonesia Ngotot Tarik Pajak E-Commerce)

Permintaan masyarakat untuk Jempol juga dibarengi dengan tingginya kecepatan dan harga yang kompetitif. Oleh karena itu, TIKI bakal melakukan efisiensi armada logistik.

TIKI menempati pangsa pasar kedua dalam bisnis kurir domestik pengiriman swasta, setelah JNE. Sedangkan, total transaksi bisnis kurir domestik secara keseluruhan, termasuk PT Pos Indonesia, mencapai Rp 26 triliun tahun 2017.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement