KKP Bangun Dua Proyek Senilai Rp 28,96 Miliar di Pangandaran

Michael Reily
12 Desember 2017, 15:06
Tangkapan Ikan Menurun Drastis
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Nelayan tradisional menarik jaring menggunakan jaring \"ered\" di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (14/3). Cuaca tidak menentu disertai angin kencang dan hujan deras menyebabkan hasil tangkapan ikan menurun, dari biasanya mendap

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pabrik pakan ikan senilai Rp 14,8 miliar di Pangandaran, Jawa Barat. Selain itu, KKP juga akan membangun 1 paket embung senilai Rp 14,16 miliar di daerah yang sama tahun depan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menyatakan, kedua proyek itu akan dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. "Pangandaran punya potensi untuk air payau dan air tawar," kata Slamet usai sosialisasi kegiatan 2018 di Kantor KKP, Selasa (12/12).

Di dalam pabrik yang akan didirikan itu, KKP akan membeli 1 unit mesin pakan ikan seharga Rp 8,3 miliar dengan kapasitas hingga 1 ton per jam dengan mekanisme lelang. Pembangunan pabrik pakan berukuran sekitar 1.000 meter persegi juga akan menelan biaya pengawasan sebesar Rp 375 juta.

(Baca juga: Kawasan Natuna Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga)

Slamet membantah proyek ini dibuat semata untuk menyenangkan  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memang lahir dan tumbuh di Pangandaran. “Bukan karena itu daerah ibu menteri,” ujarnya.

Ia mengklaim, Pangandaran memiliki potensi bahan baku yang mencukupi untuk mendukung produksi pakan ikan. Selain itu, banyak sumber daya manusia yang bisa diserap sebagai tenaga kerja pada budidaya perikanan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...