Pernah Serahkan Gitar Metallica, Jokowi Raih Penghargaan Anti Korupsi

Ameidyo Daud Nasution
11 Desember 2017, 16:14
jokowi
Arief Kamaludin | KATADATA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini memberikan penghargaan tertinggi dalam pelaporan gratifikasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dianggap menjadi contoh pejabat yang rajin melapor kepada lembaga antirasuah saat mendapatkan hadiah, bahkan sejak belum jadi Presiden.

Selain Jokowi, KPK juga memberikan penghargaan pelaporan gratifikasi kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Ketua KPK Agus Rahardjo berharap para pejabat ini dapat menjadi contoh bahwa setiap barang yang tidak berhak diterima harus dilaporkan dan diserahkan kepada negara.

"Ingat gitar Metallica ? Itu mudah-mudahan jadi contoh untuk kita semua," kata Agus di acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Bidakara, Jakarta, Senin (11/12).

Jokowi memang pernah menyerahkan gitar yang diterimanya dari bassist Metallica, Roberto Trujilo pada Mei 2013 lalu ke KPK. Saat itu, Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, sementara Metallica akan menggelar konser di Ibu kota.

(Baca: Pemerintah Ancam Cabut Kewenangan Pemda yang Menghambat Bisnis)

KPK hari ini juga meluncurkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) secara elektronik (e-LHKPN). Aplikasi ini akan memudahkan para pejabat negara untuk mengisi lembar kekayaannya secara online, tanpa mengirim surat ke KPK.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...