Hujan Deras Akibat Siklon Tropis Dahlia Ancam Bengkulu Hingga Jakarta

Pingit Aria
30 November 2017, 19:23
Banjir
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Warga melintasi jalan penghubung Desa Melikan yang terendam banjir di wilayah Wedi, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (29/11).

Badai siklon tropis Cempaka yang menimbulkan banjir di 28 kabupaten/kota di Jawa dan Bali perlahan menjauh. Kini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya ancaman siklon tropis Dahlia.

Hari, pergeseran siklon tropis Dahlia ini terpantau ke arah Tenggara dengan kecepatan gerak 13 kilometer per jam. Pada Jumat (1/12) esok, posisi siklon tropis berada di Samudera Hindia sebelah selatan tenggara Jakarta dengan kecepatan angin maksimum 95 kilometer per jam dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Hanya, potensi hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan akan tetap terjadi. “Potensi hujan lebat dan angin kencang ini akan terjadi mulai dari pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian Selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian Selatan,” demikian dikutip dari laman BMKG, Kamis (30/11).

(Baca juga: Bulog Pastikan Bahan Pokok Telah Terdistribusi ke Daerah Bencana)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana pun mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya menghadapi cuaca ekstrem. “Ancaman banjir, longsor dan puting beliung meningkat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...