RSPO Beri Bantuan Rp 33 Miliar untuk Sertifikasi Sawit Global

Michael Reily
1 Desember 2017, 17:00
sawit
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) menargetkan peningkatan sertifikasi sawit di negara-negara produsen. Salah satunya adalah memberikan bantuan terhadap petani rakyat lewat skema RSPO Smallholder Support Fund (RSSF).

 “Kami mendorong negara produsen untuk menunjukkan dampak terhadap mengimplementasikan praktik keberlanjutan, juga lewat sertifikasi RSPO,” kata Global Outreach & Engagement Director RSPO Stefano Savi dalam keterangan resmi dari Bali, Rabu (29/11).

Ada tiga tipe pendanaan RSSF, yaitu proyek sertifikasi petani kecil, dana audit sertifikasi petani kecil, dan proyek tak langsung bagi petani kecil. RSPO telah membantu pendanaan sebesar Rp 33 miliar untuk seluruh dunia.

“Dana digunakan untuk mendukung kelompok petani rakyat independen tuntuk mendapatkan sertifikat RSPO,” kata Stefano. (Baca juga: Pemerintah Kaji Perluasan Dana Perkebunan dari Sawit ke Karet

Ia menyebut, dana sebesar Rp 5,2 miliar telah disalurkan untuk 6.489 petani rakyat untuk membantu proses sertifikasi lahan sebanyak 13.313 hektare di daerah Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Tengah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...