Pemerintah Targetkan Hanya 10 dari 118 BUMN yang Rugi Tahun Ini

Miftah Ardhian
29 November 2017, 18:24
Gedung BUMN
Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, (17/11/2014).

Pemerintah menargetkan hanya 10 dari 118 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang boleh rugi tahun ini. Untuk itu, Kementerian BUMN pun menjalankan berbagai strategi.

"Tahun lalu yang rugi BUMN ada 25, tahun ini akan kami push di bawah 10," ujar Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana, dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/11).

Bambang mengklaim, menekan kerugian BUMN yang memiliki kapasitas kecil lebih mudah dilakukan. Ia mencontohkan, PT Produksi Film Negara masih bisa ditekan kerugiannya dengan mengambil proyek film promosi BUMN lain.

(Baca juga: Kementerian BUMN Minta Revisi PP LRT Jabodebek untuk Tarik Investor)

Setelah berhasil, maka PT PFN pun diminta untuk membuat film nasional, yakni dengan tema destinasi wisata Indonesia, salah satunya adalah Candi Borobudur dengan program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) nya. Untuk itu, PT PFN juga akan bekerja sama dengan BUMN lainnya yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur.

Selain itu, Kementerian BUMN juga akan menggabungkan atau menyusun program pembinaan dari BUMN besar ke yang kecil. Bambang mencontohkan, PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero) lebih baik jika digabungkan dengan PT Pelindo I (Persero). Kerja sama antara keduanya, bisa dimulai dengan mengembangkan kawasan pariwisata di Tanjung Pinggir Batam.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...