Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Bulan Depan

Ada tiga ruas jalan tol yang akan diresmikan bulan depan yakni, Soreang - Pasir Koja , Surabaya - Mojokerto, dan Solo - Ngawi.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
22 November 2017, 14:05
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau Jalan Tol Trans Sumatera ruas gerbang tol Kualanamu saat diresmikan di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan peresmian tiga ruas jalan tol pada bulan Desember mendatang. Tiga tol tersebut adalah Soreang - Pasir Koja , Surabaya - Mojokerto, hingga Solo - Ngawi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan tol Surabaya - Mojokerto rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Acara tersebut, menurutnya tinggal menunggu jadwal Presiden.

"Saya kira habis dari Medan (resepsi pernikahan putri Presiden), Beliau akan meresmikan," katanya usai rapat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Rabu (22/11).

Basuki juga mengatakan untuk ruas tol yang siap dioperasikan selanjutnya yakni Ngawi hingga Kertosono. Ruas tersebut merupakan lanjutan jalan tol Solo - Ngawi baru akan diresmikan paling tidak pada bulan Januari 2018 mendatang. "Tapi Solo - Ngawi juga sudah (selesai)," ujar Basuki.

(Baca juga: Jelang Natal, Kemenhub Bakal Setop Pengerjaan Infrastruktur di Tol)

Sedangkan tol teranyar yang diresmikan Jokowi adalah jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I B dan I C (Cipinang-Jakasampurna). Sedangkan secara keseluruhan tol ini akan terdiri dari 2 seksi yakni Seksi I dari Kasablanka hingga Jaka Sampurna sepanjang 11 kilometer dan Seksi 2 dari Jaka Sampurna hingga Duren Jaya sepanjang 10,04 kilometer.

Sedangkan untuk total target jalan tol selesai pada tahun ini mencapai 379,2 kilometer. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengakui, target tersebut merupakan hasil revisi. "Awalnya kami berharap 392 kilometer tapi kami upayakan terus," katanya belum lama ini.

Dari data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2018 mendatang 766,3 kilometer jalan tol baru siap diselesaikan konstruksinya. Sedangkan pada tahun 2019, akan ada 533 kilometer tambahan jalan tol yang diselesaikan pembangunannya. 

(Baca juga: Anak Usaha Astra International Tertarik Beli Jalan Tol Becakayu)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait