Ditahan KPK, Setya Novanto Siap Lepas Jabatan Ketua Umum Golkar

Dimas Jarot Bayu
20 November 2017, 18:45
setya novanto
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto menyampaikan pidato politiknya saat pembukaan Rapimnas II partai Golkar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (22/5).

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Idrus Marham menyatakan, Setya Novanto sudah ikhlas melepas jabatannya sebagai Ketua Umum. Novanto pada Minggu (19/11) dini hari dijebloskan ke dalam Rumah Tahanan Kelas 1 Cabang KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

"Secara pribadi, dari hati ke hati Pak Novanto itu sudah menyampaikan kepada saya bahwa kalau memang proses perjalanannya seperti ini, dia ikhlaskan semua," kata Idrus di DPP Golkar, Jakarta, Senin (20/11).

Idrus menyebut, Novanto pun menyerahkan pergantian pemimpin Golkar itu ke mekanisme yang ada. Menurutnya, Novanto tak akan menghambat proses yang akan dilakukan partai berlambang pohon beringin itu. "Pak Novanto mengikhlaskan semua dengan mekanisme yang ada," kata Idrus.

Rencananya, Golkar akan melakukan rapat pleno DPP untuk membahas soal pergantian Ketua Umum pada Selasa (21/11) besok. Dalam rapat pleno tersebut akan ditentukan siapa yang akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar.

(Baca juga: Jokowi: Elite Politik Tak Memberi Pendidikan yang Baik)

"Jadi langkahnya itu dulu, menyatakan bahwa ketua umum berhalangan tetap, maka dinyatakan berhenti karena tidak mungkin bisa mengendalikan partai Golkar dari penjara KPK," kata Koordinator Pemenangan Pemilu Indonesia I DPP Golkar Nusron Wahid.

Nantinya, akan ditentukan apakah Plt Ketua Umum Golkar akan memimpin hingga 2019 atau sampai dilaksanakannya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Adapun, rencana pelaksanaan Munaslub juga akan dibahas dalam rapat pleno DPP.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...