Perundingan Dagang Final dengan Australia Diundur Bulan Depan

Michael Reily
20 November 2017, 09:01
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (kanan)
ANTARA FOTO/IORA Summit 2017/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (kanan) pada hari ketiga rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/3). KTT IORA 2017 tersebut diharapkan dapat meningkatka

Perundingan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) belum mencapai titik terang pada putaran ke-10 pada 13-17 November lalu. Kedua negara sepakat mengadakan satu putaran terakhir pada awal Desember 2017.

Ketua Tim Perunding Indonesia untuk IA-CEPA Deddy Saleh mengungkapkan putaran ke-10 adalah momen krusial. "Karena perundingan ini merupakan bentuk kemitraan ekonomi, hasil kesepakatannya diharapkan dapat saling menguntungkan kedua pihak," kata Deddy dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (19/11).

Hasil yang tercapai pada perundingan adalah pengembangan kemitraan bagi pembangunan dan daya saing ekonomi Indonesia. Salah satu bentuk kemitraan yang sudah diidentifikasi adalah sektor pendidikan.

(Baca juga: Biaya Transaksi Perdagangan ASEAN Turun 10% pada 2020)

Perundingan pekan lalu juga menjadi tahap finalisasi sebelum masuk putaran akhir, pada bulan depan. Sehingga, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakatan supaya perundingan dagang dengan Australia dapat diselesaikan sebelum tahun depan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...