Perundingan RCEP Bakal Mencakup E-Commerce

Michael Reily
13 November 2017, 18:25
RCEP
Kemendag
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita memimpin Delegasi RI dalam pertemuan Preparatory Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Ministerial Meeting di Manila, Filipina, Minggu (12/11).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) digelar dalam rangkaian KTT Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) di Filipina. Sistem perdagangan elektronik atau e-commerce akan dimasukkan dalam kesepakatan.

Para menteri RCEP pun menyatakan komitmennya untuk segera menyelesaikan perundingan supaya bisa memberikan keuntungan perdagangan dan investasi. Rencananya, Selasa (14/11) besok, dua dokumen akan dilaporkan, yaitu The RCEP Ministers' Collective Assesment Report dan The Joint Leaders' Statement on the RCEP.

"Masing-masing negara peserta menegaskan komitmennya untuk merealisasikan kesepakatan yang modern, komprehensif, berkualitas, dan memberikan keuntungan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di kawasan menuju integrasi ekonomi dan pembangunan inklusif," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam keterangan resmi dari Manila, Filipina, Senin (13/11).

Menurutnya, Trans-Pacific Partnership (TPP) menjadi tidak jelas setelah Amerika Serikat memutuskan keluar dari kerja sama ekonomi tersebut. Hal ini membuat RCEP menjadi perundingan yang terbesar, juga cukup pelik.

(Baca juga:  ASEAN – Hong Kong Sepakati Perdagangan Bebas dan Investasi)

Perundingan terakhir yang dilakukan pada Oktober lalu membutuhkan elemen kunci supaya bisa disepakati sebagai acuan. Penyesuaian dianggap penting karena tingkat pembangunan ekonomi negara peserta RCEP berbeda-beda.

Para Menteri Ekonomi di Asia Tenggara yakin bahwa modalitas perundingan RCEP di bidang perdagangan barang, jasa, dan investasi usulan ASEAN adalah jalan tengah yang diharapkan bakal diterima oleh negara mitra Free Trade Agreement (FTA) sebagai acuan perundingan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...