Mendag Usulkan Pengelolaan Pasar Secara Mandiri

Michael Reily
19 Oktober 2017, 16:41
Pasar Tradisional
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bakal melakukan pembinaan kepada pasar yang direvitalisasi melalui Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara. Dia mengusulkan pengelolaan dilakukan secara mandiri oleh pelaku yang ada di pasar.

"Sebaiknya retribusi itu jangan 100% masuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) karena pengelolaan pasar jadi menunggu anggaran keluar, dibukukan saja menjadi unit sendiri," kata Enggar kepada wartawan di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (19/10).

Advertisement

Selama ini retribusi yang masuk ke dalam PAD merupakan otonomi tiap provinsi sehingga anggaran pengelolaannya ditentukan sesuai peraturan kepala daerah. Sehingga, Enggar berharap penerimaan dan pengeluaran dibukukan oleh manajemen pasar. Pasalnya, jika dikelola secara mandiri, dana yang ada bisa digunakan untuk pemeliharaan pasar.

Menurut Enggar, pemeliharaan pasar tradisional lebih sulit daripada pembangunannya. Perawatan pasar oleh manajemen dan rakyat bakal memberikan rasa kepemilikan yang tinggi. "Kalau pasar menjadi unit sendiri, kami akan usulkan menjadi unit yang ada penerimaan dan pengeluaran yang dipertanggungjawabkan nantinya," ujarnya.

Nantinya, skema pemasukan dari pasar akan dihitung sebagai deviden atau PAD, namun Enggar menganggap pemasukkan penuh bakal membuat pasar yang telah dibangun kembali kotor, kumuh, dan bau. Namun, untuk memastikan terjaminnya pengelolaan pasar dari praktik korupsi, anggarannya tetap akan dipantau oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, Enggar juga menekankan pembayaran retribusi dilakukan lewat perbankan atau electronic payment. Nantinya, performa pasar dari pengelolaan dana dan kebutuhan masyarakat juga akan diberikan penghargaan.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement