Meninggal di Playboy Mansion, Hugh Hefner Wariskan Rp 665 Miliar

Playboy Mansion yang dikenal sebagai tempat Hugh Hefner kerap berpesta ternyata sudah dijual tahun lalu.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
28 September 2017, 16:53
Hugh Hefner
Twitter/Playboy
Foto dan kutipan pendiri Playboy, Hugh Hefner dalam pengumuman kematiannya di akun Twitter @Playboy, Rabu (27/9).

Pendiri Majalah Playboy, Hugh Hefner meninggal dunia pada usia 91 tahun. Ia meninggalkan kekayaan senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 665 miliar.

"Hugh Hefner, ikon Amerika yang memperkenalkan Majalah Playboy pada 1953 hingga menjadi salah satu brand yang paling dikenal dunia meninggal dengan tenang secara natural di rumahnya, Playboy Mansion, dengan dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya,” demikian pernyataan resmi Playboy Enterprises, Rabu (27/9) malam waktu California.

Lalu berapa harta dan kekayaan yang ditinggalkan Hefner? Mengutip dari ABC, kekayaan pria yang biasa disapa Hef itu sekitar US$ 50 juta atau sekitar Rp 665 miliar. Angka ini sudah jauh berkurang dibandingkan pada masa jaya Playboy di tahun 90-an.

Saat itu, Hef mengantongi kekayaan hingga US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,66 triliun jika dikonversi memakai kurs hari ini. Memasuki periode 2000 hingga 2010 harga saham Playboy turun hingga 80% hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi perusahaan tertutup di 2011.

Saham Playboy akhirnya hanya dikuasai oleh Hef bersama Icon Acquisition Holdings. Sampai akhir hayatnya, Hef memiliki 35% kepemilikan merek Playboy dan 100% Majalah Playboy.

Cooper Hefner adalah penerus Hef di Majalah Playboy. Selain Cooper, Hef juga memiliki tiga anak lain, yakni Marston Hefner, David Hefner dan Christie Hefner.

Yang menarik, Playboy Mansion yang menjadi tempat tinggal Hef hingga akhir hayat ternyata bukan lagi properti pribadinya. Rumah yang dulunya milik Playboy Enterprises itu telah dijual ke Daren Metropoulos senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun pada 2016.

Dikutip dari Forbes, Daren merupakan anak miliuner Dean Metropoulos. Daren mengizinkan Hef tetap tinggal di Playboy Mansion yang telah dihuninya sejak 1971.

Untuk itu, Hef harus membayar sewa dan biaya pesta yang nilainya sekitar US$ 1 juta (Rp 13,3 miliar) per tahun. Hal itu bukan masalah, sebab sampai akhir hayatnya, Hef masih punya pemasukan bulanan sekitar US$ 290.580 atau sekitar Rp 3,8 miliar dari gaji dan investasinya.

Daren sendiri telah bertetangga dengan Hefner sejak 2009 lalu. "Selama 45 tahun terakhir, Hefner telah memberi cerita dan nuansa mewah ke rumah itu," kata Daren saat membeli Playboy Mansion, tahun lalu.  

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait