Sempat Menjadi Primadona, Kawasan Blok M Kini Merana

Michael Reily
18 September 2017, 19:04
Matahari
Katadata
Pengunjung berbelanja di Matahari Departemen Store, Pasar Baru, Jakarta, Jumat (11/04).

Blok M pernah jadi primadona pusat perbelanjaan Jakarta pada periode 1990 hingga awal 2000-an. Kini, ia tak hanya ditinggalkan pengunjung, tapi juga penghuninya. Sebelum Matahari angkat kaki dari Pasaraya, Ramayana lebih dulu menutup gerainya di Blok M Mal.

Pasaraya Blok M adalah satu dari dua lokasi gerai Matahari yang akan ditutup karena sepi. “Matahari Departement Store Pasaraya Blok M dan Manggarai akan ditutup per akhir bulan September ini," kata Sekretaris Perusahaan dan Direktur Hukum PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo, Jumat (15/9) lalu.

Sebelum menutup kedua gerai itu, Matahari pun mengadakan diskon hingga 75% untuk cuci gudang. Pengunjung pun menyemut memborong berbagai barang sepanjang akhir pekan lalu. Akibatnya, kondisi toko kacau. Pakaian berserak di bawah rak, sementara sepatu dan sandal tak jelas pasangannya.

Manajemen pun menutup gerai itu lebih cepat. Hari ini para pemburu diskon yang masih berdatangan harus menelan kecewa. Rolling door Matahari tertutup rapat, meski di baliknya masih tampak pekerja beraktivitas. “Matahari tutup ya, Mbak?” tanya salah satu pengunjung ke petugas keamanan yang hanya dijawab dengan anggukan.

(Baca juga:  ITC Mulai Sepi, Deretan Mal Berkonsep Gaya Hidup Sedot Pengunjung)

Toh obral tak hanya ada di Matahari. Beberapa merek sepatu penyewa tempat seperti Wakai, Crocs, The Little Things She Needs, dan Kickers juga melakukan potongan biaya hingga 50%.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...