Jasa Marga Uji Coba JM Access, Lewat Pintu Tol Tak Perlu Berhenti

Miftah Ardhian
15 September 2017, 18:03
Tol Bandara
Arief Kamaludin|KATADATA
Sejumlah kendaraan melaju pada ruas tol Prof. Dr. Ir Sediyatmo, Tangerang, Banten, Senin (10/10). Ruas tol ini menghubungkan jalan tol dalam kota dan Bandara Soekarno Hatta.

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) dan Perum Damri, bersinergi meluncurkan JM Access. Sistem pembayaran tol berbasis On Board Unit (OBU) ini memungkinkan pengendara melalui pintu tol tanpa harus berhenti.

Direktur Enterprise & Busines Service Telkom Dian Rachmawan mengatakan, uji coba awal pemanfaatan teknologi OBU ini akan dilakukan di 300 unit Bus Damri. Harapannya, waktu tempuh perjalanan bus dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui jalan tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng dapat lebih efisien.

“Telkom berkomitmen mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia, salah satunya dengan menggiatkan transaksi elektronik guna mendukung terwujudnya cashless society," ujar Dian melalui keterangan resminya, Jakarta, Jumat (15/9).

(Baca juga: Awal Bulan Depan, 90% Gerbang Tol Jasa Marga Pakai Sistem Nontunai)

Selain di ruas tol menuju Bandara Soekarno-Hatta, Telkom Group bersama Jasa Marga juga melakukan uji coba teknologi JM Access berbasis kartu online di ruas tol Surabaya – Gempol dan JM Access berbasis stiker RFID di ruas tol Bali.

Selanjutnya, jika uji coba dinyatakan efektif maka akan masuk ke tahap implementasi dengan mengikuti regulasi yang ditetapkan Pemerintah. Langkah ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di jalan tol yang akan berlaku mulai Oktober 2017.

Sementara itu, Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan menjelaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan minat pengguna jalan tol untuk segera beralih ke pembayaran elektronik. Salah satunya melalui peluncuran sistem JM Access OBU.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...