Dua Pekan HET Berlaku, Harga Beras Masih Terus Naik

Michael Reily
14 September 2017, 13:44
Kejar Target Produksi Gabah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Buruh tani membawa gabah usai panen di salah satu kawasan lumbung padi di Desa Paron, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (10/3).

Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras (HET) telah berjalan selama dua pekan sejak 1 September 2017. Kenyataannya, harga di pasaran masih cenderung meningkat. Sementara Kementerian Perdagangan justru menunda evaluasi kebijakan tersebut.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Bank Indonesia menunjukkan, harga beras medium di Jawa Timur, Jawa Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah  harganya naik dibandingkan pekan lalu.

Advertisement

Sementara di wilayah lain seperti Yogyakarta, Banten, Sumatera Selatan, hingga Papua, meski harga terpantau stabil, namun tetap di atas HET yang berlaku. Hal ini diakui oleh Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso.

Mantan Direktur Utama Perum Bulog ini menyatakan bahwa harga beras sedang tinggi. Sebab, rata-rata harga gabah di tingkat petani sudah lebih dari Rp 5 ribu per kilogram. “Ada kekeringan dan hama wereng yang membuat harga naik,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (14/9).

Ia menyebut, harga beras medium di pasaran akan mencapai harga yang diharapkan oleh pemerintah, jika harga gabah di tingkat petani masih Rp 4.600 per kilogram. "Memang untuk yang medium masih bermasalah karena harganya tidak masuk," ujarnya.

Sutarto berharap pemerintah segera menentukan solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah beras. Menurutnya, dua alternatif yang dapat diambil adalah dengan mempercepat panen atau penetapan ulang HET.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi. Menurutnya, tren kenaikan harga beras di Jakarta sudah tampak sejak akhir bulan lalu, dan tidak menunjukkan pelambatan setelah HET berlaku.

Halaman:
Reporter: Michael Reily, Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement