Jokowi Kirim Bantuan bagi Rohingya dengan Empat Pesawat Hercules

Ameidyo Daud Nasution
13 September 2017, 15:31
Jokowi Bantuan Rohingya
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo (kanan) memantau prajurit TNI Angkatan Udara memasukkan bantuan kemanusiaan Rohingya ke dalam pesawat di Base Ops TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi melepas bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Berbeda dari pengiriman sebelumnya yang menggunakan kapal laut, kali ini bantuan diterbangkan dengan empat pesawat Hercules.

"Perlu saya sampaikan, ini adalah pemberangkatan yang pertama. Nanti insyaallah minggu depan akan diberangkatkan lagi yang kedua, ketiga, dan seterusnya," kata Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma seperti dikutip dari keterangan Sekretariat Presiden, Jakarta, Rabu (13/9).

Pengiriman dengan pesawat dilakukan agar bantuan cepat segera diterima oleh masyarakat yang membutuhkan di wilayah perbatasan Myanmar dan Bangladesh. Bantuan tersebut terdiri dari beras, tangki air, tenda pengungsi, selimut, makanan siap saji, pakaian anak, hingga family kit.

Pengiriman bantuan ini dapat dilakukan tak lepas dari upaya diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia kepada pemerintah Bangladesh dan Myanmar. Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kedua negara yang telah memberikan akses bagi Indonesia dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan.

(Baca juga: Diperintahkan Jokowi, Menlu ke Myanmar Bahas Rohingya)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...