Batam, Bintan dan Karimun Diusulkan jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Michael Reily
11 September 2017, 15:20
Menteri Perindustrian
Kemenperin
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Singapura, 8 September 2017.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengusulkan pengembangan Batam, Bintan, dan Karimun menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Alasannya, ketiga wilayah itu dekat dengan Singapura yang merupakan mitra strategis, sekaligus investor terbesar di Indonesia.

"Perbaikan iklim usaha di Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) akan kembali meningkatkan investasi industri pengolahan dengan nilai tambah tinggi," kata Airlangga, Senin (11/9).

Advertisement

Menurut catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada 2016, nilai investasi Singapura mencapai US$ 9,2 miliar atau setara Rp 121,1 triliun. Sebesar 30,9% dari total investasi asing Indonesia berasal dari Negeri Singa dengan 5.874 proyek.

Pekan lalu, Airlangga menemui Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan membahas upaya revitalisasi kawasan industri di Batam. Fokus pengembangannya adalah sektor elektronika, digital, dan maintenance repair and overhaul (MRO).

(Baca juga: Pelaku Usaha Resah dengan Larangan dan Pembatasan Bahan Baku Impor)

Airlangga menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan infrastruktur di Batam agar memicu pengembangan ekonomi digital. Kawasan ini dapat dimanfaatkan menjadi pusat pelaku industri kreatif seperti perusahaan start-up, web, aplikasi, program digital, film, dan animasi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement