ASEAN - Kanada Jajaki Perdagangan Bebas, Indonesia jadi Koordinator

Michael Reily
11 September 2017, 13:35
ASEAN Summits
Laily Rachev|Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo mengikuti pembukaan ASEAN Summit ke-28 dan 29 di Vientiane, Laos, Selasa (6/9).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjadi wakil negara-negara Asia Tenggara untuk membahas perjanjian dagang dengan Kanada. Rencananya, Free Trade Agreement (FTA) ASEAN-Kanada akan dilakukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi kedua pihak.

"Indonesia sebagai country coordinator pada kemitraan ASEAN-Kanada memandang Kanada sebgai mitra ASEAN dengan potensi cukup besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Enggar dalam keterangan resmi dari Filipina, Senin (11/9).

Advertisement

Enggar menyatakan, Indonesia mendukung dilaksanakannya studi komprehensif untuk melihat dampak perdagangan bebas ASEAN-Kanada. Pihak Kanada yang dipimpin Parliamentary Secretary to the Minister of International Trade Pamela Goldsmith-Jones juga memberikan proposal exploratory discussion untuk informasi data perdagangan.

(Baca juga: 

Nilai perdagangan ASEAN dengan Kanada mencapai C$ 21,6 miliar atau Rp 234,1 triliun. Sehingga pembentukan perdagangan bebas bakal mengoptimalkan potensi ekspor-impor antara kedua pihak. Selain itu, dampak besar lainnya adalah sinyal positif untuk dunia bahwa ASEAN merupakan kawasan yang solid.

Grafik: Perdagangan Indonesia dengan Negara Anggota ASEAN (Jan-Jun 2016 dan Jan-Jun 2017)
Perdagangan Indonesia dengan Negara Anggota ASEAN (Jan-Jun 2016 dan Jan-Jun 2017)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement