Lima Investor Incar 20% Saham dan Ruas Tol Waskita Toll Road

Michael Reily
6 September 2017, 16:51
Waskita
Arief Kamaludin|KATADATA
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

Sebanyak lima perusahaan tengah menawar (bidding) saham divestasi dan ruas tol milik anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT), yaitu PT Waskita Toll Road (WTR). Waskita bakal melepas sebanyak 6 ruas tol dan sekitar 20% saham WTR kepada investor baru.

Direktur Keuangan Waskita Karya Tunggul Rajagukguk menyatakan, kelima perusahaan tersebut telah melalui beberapa tahapan. "Ada 12 perusahaan ikut due dilligence, presentasi manajemen ada 7, kemudian yang ikut bidding ada lima perusahaan," kata Tunggul di Jakarta, Rabu (6/9).

Advertisement

Dia menjelaskan, Waskita memiliki 72,63% saham WTR. Sementara sisanya merupakan kepunyaan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen).  Setelah rights issue, target kepemilikan saham Waskita di WTR akan terdelusi menjadi sekitar 51%.

(Baca juga:  Tambah Modal Kerja, Waskita Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun)

Tunggul menyebutkan proses penawaran kelima investor baru saja selesai akhir bulan lalu. Sehingga dia mengatakan pihaknya masih menunggu pembahasan dari WTR. "Bidding baru selesai 31 Agustus yang lalu, kami akan memberikan kabar setelah mendapatkan informasi dari Waskita Toll Road," katanya.

Selain itu, Waskita juga akan melakukan divestasi atas enam ruas tol milik WTR.  Keenam ruas tol itu adalah yang Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Pasuruan-Probolinggo. Rencananya beberapa ruas tol ini ditawarkan dalam satu paket.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement