Gandeng Astra, Pemerintah Siap Produksi Mobil Desa Rp 100 Jutaan

Michael Reily
4 September 2017, 15:40
Jokowi dan Mobil Desa
Kemenperin
Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau prototipe mobil desa di Desa Tumang, Boyolali, Jawa Tengah, 30 Januari 2017 lalu.

Pemerintah telah menyelesaikan konsep mobil desa dan tengah merencanakan tahap produksi. Rencananya, mobil desa akan dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta per unit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan sudah ada dua prototipe mobil desa, yaitu Generasi 2A dan Generasi 2B. "Dengan kapasitas mesin di bawah 1.000 cc, kendaraan desa akan dijual lebih murah dari LCGC (Low Cost Green Car), di bawah Rp 100 juta," kata Airlangga dalam keterangan resmi, Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menyebut mobil desa akan berbentuk semipikap supaya bagian belakang bisa digunakan untuk mengangkut alat dan hasil produksi pertanian dan perkebunan. Selain membantu produktivitas, fungsi lainnya adalah mobilisasi hasil pertanian dan perkebunan sehingga mendorong ekonomi perdesaan.

(Baca juga:  Jokowi Setuju Rencana Wajib Produksi Mobil Listrik Tahun 2025)

Airlangga menjelaskan, konsep teranyar mobil desa telah melalui sejumlah pengujian, yaitu uji keselamatan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaran Bermotor Kementerian Perhubungan, pengujian emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Menurutnya, prototipe kendaraan niaga multiguna juga akan dikembangkan dengan bantuan perusahaan besar. Contohnya adalah PT Fin Komodo di Jawa Barat, CV Karya Hidup Sentosa di Yogyakarta, dan PT Astra Otoparts di Bekasi.

Lebih lanjut lagi, Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam negeri juga akan mendukung pembuatan komponen suku cadang untuk penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Selain itu, kemudahan akses suku cadang dan pemilihan teknologi sesuai kondisi alam dan demografi juga jadi kunci utama.

"Akhirnya akan dicapai kemandirian industri otomotif nasional melalu penguasaan teknologi kendaraan," kata Airlangga.

 (Baca: Mobil Rendah Emisi Akan Kuasai 20% Pasar Nasional pada 2025)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...