Menteri Enggar Minta Mal Berinovasi Agar Menyaingi E-Commerce

Michael Reily
30 Agustus 2017, 20:16
Belanja konsumen
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap mal bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Fungsi mal sebagai pusat perbelanjaan harus mulai dikurangi dan disiapkan alternatif lain karena terpaan e-commerce.

"Pusat perbelanjaan sendiri harus sudah ada pergeseran, kalau sekadar belanja sekarang sudah ada online makanya sekarang harus sekaligus tempat hang-out," kata Enggar usai membuka Pasar Kreasi Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8).

Advertisement

Menurut dia, strategi perluasan variasi penjual yang ada di mal akan menarik pengunjung supaya tetap datang. Pasalnya, alasan untuk datang ke mal merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan. Dia juga mengaku sedang menyiapkan peraturan untuk e-commerce agar penjualan secara online dan offline bisa saling melengkapi.

(Baca juga: Mewabahnya E-Commerce Geser Tren Properti dari Toko ke Gudang)

Selain itu, Enggar menjelaskan pameran-pameran industri kecil menengah (IKM) punya daya tarik yang kuat untuk mengundang pengunjung. Terlebih, kehadiran IKM di mal besar juga memberikan kesempatan kepada industri baru untuk berkembang.

"Kehadiran IKM malah mendatangkan orang-orang yang mencintai produk asli Indonesia," ujarnya lagi.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement