Coca-Cola Bangun Pabrik Senilai Rp 266 Miliar di Medan

Pingit Aria
30 Agustus 2017, 17:12
Coca-Cola
kemenperin.go.id
Pabrik Coca-Cola di Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8).

Direktur Supply Chain Coca-Cola Amatil Indonesia, Gigy Philip menegaskan komitmen perusahaannya untuk meningkatkan investasi hingga US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 triliun di Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Salah satunya adalah dengan membangun pabrik senilai US$ 20 juta atau sekitar Rp 266,86 miliar di Medan, Sumatera Utara.

“Sebagai perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing), kami telah berinvestasi di Indonesia mencapai US$ 445 juta (sekitar Rp 5,89 triliun) pada tahun 2012-2017 dengan jumlah karyawan sebanyak 11 ribu orang,” katanya melalui siaran pers, Rabu (30/8).

(Baca juga:  Kemenperin Minta 30% KUR Disalurkan ke Industri Kecil)

Ia menjelaskan, ada lima lini produksi yang dibangun di atas lahan seluas lima hektare di Medan. Fasiltas pabrik ini memiliki kapasitas produksi mencapai 150 juta botol per tahun untuk didistribusi ke seluruh wilayah di Pulau Sumatera, antara lain Aceh, Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

Pabrik di Medan ini menyerap tenaga kerja sekitar 160 orang, di mana sebanyak 46 karyawan telah menerima sertifikasi dari Coca-Cola Amatil Indonesia - Supply Chain Technical Academy. “Kami telah memiliki delapan akademi pelatihan di tujuh departemen dengan total pelaksanaan 35 ribu pelatihan harian di setiap tahunnya,” ujar Philip.

Sebelumnya, pada Maret 2017, Coca-Cola Amatil Indonesia telah meresmikan pengoperasian fasilitas produksi dan pusat distribusi di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur dengan nilai investasi mencapai US$ 42 juta atau sekitar Rp 560 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...