Perluas Jaringan Penumpang, Garuda Gandeng Vietnam Airlines

Garuda Indonesia berbagi jadwal penerbangan dengan Vietnam Airlines.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2017, 20:30
Garuda Indonesia Travel Fair 2017
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung mengamati pesawat milik maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia pada Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 di DI Yogyakarta, Jumat (10/3).

Maskapai penerbangan nasional yakni Garuda Indonesia menyepakati kerja sama penggunaan jadwal penerbangan bersama atau codeshare dengan maskapai asal Vietnam yakni Vietnam Airlines. Langkah ini diharapkan dapat menambah penumpang kedua maskapai.

Nantinya dengan kerja sama ini Garuda Indonesia dapat mengakses rute menuju Hanoi dari sebelumnya hanya melayani Ho Chi Minh dengan codeshare penerbangan domestik. Sebaliknya, penumpang Vietnam Airlines bisa mengakses rute Surabaya dan Bali dengan penerbangan domestik Garuda Indonesia.

"Ini yang akan kami kembangkan nantinya," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury di Jakarta, Rabu (23/8). (Baca juga:  Jokowi Targetkan Perdagangan dengan Vietnam Capai US$ 10 Miliar)

Pahala mengatakan dengan perluasan ini maka baik Garuda maupun Vietnam Airlines dapat menikmati jaringan akses ke beberapa kota tanpa menambah rute secara langsung. Apalagi keduanya merupakan mitra langsung yang sama-sama berafiliasi dalam SkyTeam.

"Kalau Surabaya itu untuk bisnis sedangkan Bali itu untuk wisata," katanya.

Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) Vietnam Airlines Duong Tri Thanh mengatakan, perluasan kerja sama ini juga ditujukan untuk sama-sama meningkatkan jumlah penumpang dari Indonesia maupun dari Thailand. (Baca juga:  VietJet Terbang ke Jakarta Tanpa Pramugari Berbikini)

Menurutnya, saat ini jumlah warga Vietnam yang pergi ke Indonesia baru 50 ribu orang per tahun. Sedangkan warga negara Indonesia yang menuju Vietnam 70 ribu orang per tahun. "Kami juga ingin meningkatkan jumlah warga paling tidak dua atau tiga kali lipat," kata Duong.

Sedangkan, maskapai penerbangan asal Vietnam lainnya yakni VietJet Air berencana membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke Ho Chi Minh mulai 20 Desember 2017 mendatang. Ada pun rute Jakarta Ho Chi Minh akan ditempuh dalam waktu tiga jam.

(Baca juga:  Indonesia dan Vietnam Jalin Kerja Sama Pemanfaatan Gas dan Batu Bara)

VietJet direncanakan akan terbang dari Ho Chi Minh pada pukul 20.40 dan mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pukul 23.40. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya akan lepas landas pukul 01.40 dini hari dari Jakarta dan mendarat di Ho Chi Minh pada pukul 04.40.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait