Jokowi Targetkan Perdagangan dengan Vietnam Capai US$ 10 Miliar

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2017, 17:07
jokowi
Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Sochi, Rusia, Kamis (19/5)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menerima kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong. Keduanya membahas upaya peningkatan nilai perdagangan Indonesia dan Vietnam hingga menjadi US$ 10 miliar.

Dalam konferensi pers, Jokowi mengatakan perlu inisiatif baru dalam meningkatkan perdagangan kedua negara. Meskipun dalam beberapa tahun belakangan ini transaksi perdagangan kedua negara terus naik dan bertumbuh.

"Kami membahas berbagai langkah dan inisiatif baru untuk mencapai US$ 10 miliar," kata Jokowi usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/8).

(Baca juga:  VietJet Terbang ke Jakarta Tanpa Pramugari Berbikini)

Menurut data Badan Pusat Statistik, total perdagangan Indonesia – Vietnam pada 2016 sebesar US$ 6,27 miliar pada 2016 dengan defisit sebesar US$ 182,76 juta di pihak kita. Sepanjang 2012-2016, tren perdagangan kedua negara hanya meningkat 6,7% per tahun.

Jokowi juga mengatakan pertemuan juga membahas bagaimana para investor Indonesia yang menanamkan modal di Vietnam dapat difasilitasi.

Selain itu, Indonesia dan Vietnam juga sepakat untuk meningkatkan kualitas dan menjaga harga komoditas lada dan karet. "Lalu di bidang perikanan, kedua negara sepakat mengatasi illegal fishing," ujar Presiden.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...