Kemenperin Bawa Produsen Busana Muslim Promosi ke Rusia

Michael Reily
22 Agustus 2017, 16:21
UKM Busana
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan membawa Sembilan pemilik merek busana lokal, termasuk fesyen muslim untuk menghadiri pameran Collection Fashion Moscow 2017 di Rusia. Dukungan ini dilakukan untuk meningkatkan nilai ekspor busana ke Rusia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian Eddy Siswanto menyatakan, ekspor busana ke Rusia saat ini masih sangat kecil. "Untuk produk fashion hanya 2,5 persen," kata Eddy di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (22/8).

Badan Pusat Statistik mencatat, total antara Indonesia dan Rusia mencapai US$ 2,11 miliar pada 2016. Di mana, Indonesia mengalami surplus sebesar US$ 411 juta. Total perdagangan kedua pihak mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, yaitu US$ 1,9 miliar.

(Baca juga: Mendag: MoU Barter Sukhoi dengan Hasil Kebun Indonesia Telah Diteken)

Untuk meningkatkan ekspor produk fesyen, Kementerian Perindustrian akan membiayai setengah dari kebutuhan sembilan unit Industri Kecil Menengah (IKM) yang akan berangkat ke Rusia.

Eddy menjelaskan, jika kinerja industri busana positif, nilai perdagangan dengan Rusia akan meningkat. Namun, dia belum menargetkan jumlah nilai yang dibidik pemerintah.

Dia mengatakan, industri busana muslim memiliki pasar yang cukup besar di Eropa Timur. Pasalnya, ada sekitar 25 juta penduduk beragama Islam di Rusia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...