Garam Impor Belum Mencukupi Kebutuhan Industri Kecil

Michael Reily
15 Agustus 2017, 19:34
Petani Garam
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Kristal garam yang sudah dipanen

PT Garam menargetkan garam impor untuk industri kecil dan menengah (IKM) akan terdistribusi pada awal September. Calon penerima harus disaring karena kebutuhan IKM ternyata melebihi jumlah garam yang diimpor.

Sekretaris Korporasi PT Garam Hartono menjelaskan kebutuhan IKM adalah sekitar 89 ribu ton. Padahal, garam yang diimpor dari Australia hanya sebanyak 75 ribu ton.

"Daftar kebutuhan kurang lebih 89 ribu ton, makanya mau kami coba proporsionalkan," kata Hartono kepada Katadata, Jakarta, Selasa (15/8).

Dia menyebutkan, permintaan garam impor datang dari seluruh Indonesia sehingga data yang harus diverifikasi PT Garam sangat banyak. Sedangkan, pengajuan data dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota banyak yang terlambat.

(Baca juga:  Luhut: Ada 22 Ribu Hektare Lahan Potensial untuk Ladang Garam)

Meski target distribusi secara keseluruhan baru bisa berjalan bulan depan, Hartono mengatakan, PT Garam bakal mempercepat distribusi garam pada Jumat (18/8) untuk IKM di Pati, Jawa Tengah. Kegiatan distribusi ini akan diawasi oleh polisi.

Sementara, Hartono menyebut, saat ini masih ada satu kapal pengangkut garam impor sebanyak 25 ribu ton belum sampai ke Pelabuhan Belawan, Medan. Menurut Hartono, sambil menunggu kapal pengangkut garam sampai ke Medan, PT Garam akan memaksimalkan waktu untuk verifikasi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...