Dievaluasi Ombudsman, Mentan Tegaskan Satgas Pangan Baik-Baik Saja

Meski kasus beras sulit ditangani, Amran menilai kerja Satgas Pangan dalam kasus kartel bawang cukup baik.
Michael Reily
Oleh Michael Reily
10 Agustus 2017, 13:57
Penggerebekan Gudang Beras
Humas Mabes Polri
(Kiri ke kanan) Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha Syarkawi Rauf, Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memberi keterangan pers dalam penggerebekan gudang beras milik PT Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi, Kamis

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan dukungannya terhadap Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Meski, Ombudsman tengah mengevaluasi kerja Satgas yang dibentuk untuk membongkar kasus-kasus terkait perniagaan bahan pangan itu.

Menurut Amran, kerja Satgas pangan selama ini baik-baik saja. Dia pun menyebut keberhasilan Satgas dalam mengungkapkan kartel bawang putih beberapa waktu lalu.

"Bagus enggak kemarin satgas dengan bawang putih? Langsung tangkap (pelaku kartel), langsung turun, harga stabil," kata Amran di kantornya, Kamis (10/8).

(Baca juga: Ombudsman Evaluasi Kinerja Satgas Pangan)

Sementara terkait penanganan kasus “Beras Maknyuss” yang disoroti Ombudsman, Amran menyebutnya sebagai masalah yang tidak mudah diselesaikan. Menurutnya , tata niaga beras yang sedang diatur oleh Kementerian Perdagangan.

Kendati, Amran menyatakan tetap menghormati evaluasi Ombudsman. Hasil evaluasi itu nantinya akan menentukan keberlanjutan Satgas Pangan dalam operasi pasar. "Saya kira bagus kalau ada masukan," kata Amran.

Dia menjelaskan semakin banyak masukan dari semua pihak, semakin baik untuk pemerintah. Dia menyatakan saran dan kritik dari berbagai pihak akan membantu visi kementerian dan lembaga untuk menjalankan visi yang sama dengan presiden untuk membuat harga pangan terjangkau bagi masyarakat.

(Baca juga:  Polisi Lanjutkan Kasus Beras 'Maknyuss' Meski Aturan HET Batal)

Sebelumnya, anggota Ombudsman Alamsyah Siregar menyatakan, jika semua insitusi yang tergabung dalam Satgas Pangan bekerja dengan baik, tidak perlu lagi ada unit gabungan.

“Kami akan melihat apa masih diperlukan upaya-upaya seperti ini atau tidak ke depannya agar tidak tumpang tindih," ujar Alamsyah.

Alamsyah mengaku Ombudsman akan melakukan audit regulasi untuk pembentukan Satgas Pangan. Setelah selesai, dia menyatakan hasil evaluasi ini akan dibawa ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Rekomendasi kita itu tindakan korektif apa yang seharusnya diambil," tuturnya.

(Baca: Mendag Kaji Ulang Aturan Harga Eceran Tertinggi Beras)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait