Telkom Kaji Rencana Akuisisi 10 Fintech dan Toko Online

Miftah Ardhian
7 Agustus 2017, 17:36
Telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
Telkom KATADATA|Arief Kamaludin

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk berencana untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan untuk mendongkrak kinerjanya ke depan. Ada 10 perusahaan berbasis digital yang masuk radar.

Direktur Digital & Strategic Portofolio Telkom David Bangun menjelaskan, rencana akuisisi ini merupakan inisiatif yang bersifat anorganik untuk membantu pengembangan bisnis Telkom sendiri. Saat ini, Telkom tengah melakukan proses evaluasi terhadap 10 perusahaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Sementara bidangnya ada yang bergerak di sektor financial technology (fintech) dan e-commerce," ujar David saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (7/8).

Menurut David, besaran dana yang dibutuhkan untuk rencana tersebut belum ditakar. Menurutnya, Telkom saat ini masih berfokus ke kebutuhan perusahaan.

"Pendekatan kami sekarang bukan anggaran, tapi lebih pendekatan kami butuh apa untuk Telkom ke depan. Kalau tidak bisa organik, ya kami akuisisi," ujarnya. 

(Baca juga:  Menkominfo Tolak Usul Indosat Patok Tarif Batas Bawah Internet)

Selain itu, David menjelaskan, pihaknya juga sedang berfokus untuk mengembangkan bisnis salah satu anak usahanya yakni PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN). Menurutnya, perusahaan ini menjalankan tiga jenis usaha utama yakni sebagai switching company, pengelola Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan Electronic Data Capture (EDC).

Menurut David, kegiatan tersebut akan mulai beroperasi maksimal pada awal 2018. Saat ini, Telkom tengah memperbaiki dan menyiapkan teknologi yang dibutuhkan, termasuk mengintegrasikan layanan dari perbankan BUMN tersebut, khsusnya mengintergrasikan 60 ribu ATM yang dimiliki perbankan BUMN.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...