Menperin Klaim Penurunan Industri Kecil Akibat Ekonomi Global

Michael Reily
3 Agustus 2017, 15:14
Menteri Perindustriann Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan melambatnya pertumbuhan industri manufaktur berskala kecil pada triwulan kedua 2017 sebagai sebuah tren global.

"Hampir semua industri di negara berkembang pada kuarter kedua ini turun karena global headwind (angin haluan global)," kata Airlangga usai acara US-Asean Business Council di Jakarta, Kamis (3/8).

Advertisement

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan industri manufaktur kecil pada triwulan kedua hanya 2,5%. Angka itu menurun dibandingkan pada triwulan sebelumnya yang tumbuh mencapai 6,6%.

(Baca juga: Kuartal II-2017, Pertumbuhan Industri Kecil Anjlok)

Dia menyebutkan, pada kuartal kedua 2017 lalu, pertumbuhan ekonomi di negara industri seperti Tiongkok dan Brazil menurun. Hal itu disebutnya mempengaruhi permintaan impor alat-alat komponen otomotif dan barang galian bukan logam yang dihasilkan oleh industri kecil di Tanah Air.

Dia berharap ekonomi global, terutama industri di Tiongkok, bisa pulih sehingga bisa kembali meningkatkan pertumbuhan industri kecil. "Produk kita sebagian diekspor atau mendukung industri di Tiongkok, ini tentu yang perlu kita perhatikan," jelas Airlangga.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement