Ke Balikpapan, Jokowi Bahas Pemindahan Ibu Kota dengan Gubernur Kaltim

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2017, 14:16
Hut Jokowi
Katadata
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Dirut PT Trans Jabar Tol Muhammad Sadeli meninjau pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, ia sempat membahas rencana pemindahan Ibu kota dengan Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak.

"Tadi sudah disampaikan Gubernur Kalimantan Timur mengenai ibu kota. Saya tidak mau menyinggung itu dulu karena masih kajian," ujar Presiden dalam pernyataan resminya, Kamis (13/7).

Advertisement

Hanya, Jokowi menekankan bahwa pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi mendalam dari berbagai aspek sehingga tidak mungkin segera diputuskan. Jokowi sendiri menyatakan, setidaknya terdapat tiga provinsi yang sedang dikaji untuk menjadi Ibu Kota. Namun, ketiga lokasi itu masih dirahasiakan.  (Baca: Menteri PU: Tiga Provinsi di Kalimantan Jadi Calon Ibu Kota Baru)

"Tidak saya buka. Kalau saya buka di Kalimantan Timur misalnya di Bureu, nanti semua orang beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menerangkan bahwa pemindahan ibu kota memerlukan perencanaan yang matang. Apalagi rencana memisahkan pusat bisnis dan pemerintahan dipastikan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

(Baca juga:  Menteri PU Taksir Biaya Pemindahan Ibu Kota Hingga Rp 300 Triliun)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement