Luhut Targetkan Lahan Proyek LRT Rampung Bulan Ini

Ada lahan milik Adhi Karya dan Pramuka yang akan digunakan.
Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2017, 18:22
LRT Rute Cawang Cibubur
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan melaju di samping deretan tiang konstruksi proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cawang-Cibubur yang sudah dipasang struktur \"U-Shape Girder\" di samping jalan tol Jagorawi kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (15

Pemerintah menargetkan pembebasan lahan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) rampung pada bulan ini. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan, saat ini masih ada 32 bidang lahan yang siap dibersihkan. Dia menjelaskan, luas 32 bidang lahan ini berbeda-beda, mulai 600 meter persegi hingga 1 hektare, "Jadi saya mau selesai bulan ini," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (7/7).

Direktur Jenderal Perkerataapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, saat ini pemerintah siap membebaskan 1,4 hektare lahan untuk pembangunan proyek LRT. Lahan tersebut terdiri dari 4.500 meter persegi lahan di wilayah Bekasi Timur serta 1 hektare milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Cibubur.

(Baca juga: Hutama Karya Akan Terbitkan Obligasi Rp 3,5 Triliun Tahun Ini

"Kalau Bekasi Timur itu separuhnya punya Adhi Karya. Sisanya macam-macam (pemiliknya)," katanya.

Nantinya, penggantian biaya lahan ini akan dilakukan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Namun Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (BPN) Arie Yuriwin mengaku belum tahu berapa biaya penggantian lahan di Bekasi Timur serta Cibubur.

Hanya, ia menargetkan prosesnya dapat diselesaikan tahun ini. "Kami masih menunggu hitungan dari (jasa) appraisal," kata Arie.

Sedangkan Direktur Operasi III PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata mengatakan, dua titik tersebut harus dibebaskan lantaran akan dijadikan depo LRT (Belasi Timur) serta stasiun akhir (Cibubur). Apalagi menurutnya pembangunan depo bisa memakan waktu yang cukup lama.

(Baca: Pakai Skema KPBU, Proyek LRT Medan Siap Dibangun 2019)

"Jadi depo ini akan kami bangun, setengahnya (di Bekasi Timur) sebenarnya lahan punya kami," kata Pundjung.

Pundjung juga memaparkan beberapa progres pembangunan LRT Jabodebek. Dia mengatakan untuk trase Cibubur - Cawang saat ini telah mencapai sekitar 30 persen. Sedangkan Bekasi Timur - Cawang saat ini mencapai 17 persen.

"Sedangkan Cawang - Dukuh Atas masih di atas 3 persen," kata Pundjung.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait