Bahas 7-Eleven, Menteri Perdagangan Bakal Temui Bos Grup Modern

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengaku berkawan dengan pemilik 7-Eleven.
Michael Reily
4 Juli 2017, 19:09
Gerai Sevel
Arief Kamaludin|KATADATA
Gerai Sevel tutup di kawasan Gandaria, Jakarta, (23/06)

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan bertemu dengan manajemen PT Modern Internasional Tbk dalam waktu dekat. Pertemuan tersebut tak lain untuk membahas penutupan gerai 7-Eleven yang merupakan anak usaha Grup Modern.

"Saya kebetulan berkawan dengan pemiliknya, kami akan ngobrol mengenai masalah bisnis," kata Enggar di kantornya, Jakarta, Selasa (4/7).

Jatuhnya bisnis Modern Indonesia, menurut Enggar, adalah murni keputusan bisnis. Dia mengatakan bahwa dalam berbisnis, direksi harus berani ambil keputusan.

(Baca juga: OJK Minta Modern Jelaskan Penutupan Gerai 7-Eleven)

"Apakah ada kemungkinan perbaikan dalam investasi selanjutnya atau polanya, itu murni business judgment," tambah dia.

Menurut Enggar, Grup Modern menjalankan dua model bisnis dalam menjalankan 7-Eleven, yaitu minimarket dan kafe. Hal inilah yang menjadi pembeda 7-Eleven dengan jaringan waralaba lain seperti Alfamart dan Indomaret.

Setiap manajemen bisnis, sambung Enggar, pasti memiliki perhitungan sendiri untuk mengembangkan atau menghentikan usahanya. Dalam kasus 7-Eleven, penutupan semua gerai secara serentak dinilainya cukup menimbulkan gejolak.

Hanya, ia enggan turut larut dalam spekulasi soal apakah ada aturan pemerintah yang justru menghambat keberlangsungan bisnis 7-Eleven. "Saya belum berani untuk memberikan penilaian apapun sebelum saya ketemu dan saya ngobrol," ujarnya.

(Baca juga: Batal Diakuisisi Charoen, Semua Gerai 7-Eleven Tutup Akhir Bulan Ini)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menerbitkan aturan pelarangan penjualan minuman beralkohol di minimarket, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 06/M-DAG/PER/1/2015. Padahal, minol adalah salah satu jualan 7-Eleven yang banyak diminati. Aturan ini diterbitkan di era Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

 

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait