Mendag Klaim Inflasi Bahan Pokok Tahun Ini Terendah Sejak 2011

Michael Reily
22 Juni 2017, 21:12
Enggartiasto Lukita
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim harga dan stok bahan pokok tetap stabil menjelang Lebaran. Upaya pengendalian harga bahan pokok dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sejak tahun 2011 berdasarkan data yang ada, ini inflasi terendah untuk bahan pokok," kata Enggar di kantornya, Kamis, (22/6).

Pergerakan harga satu minggu terakhir, 15 Juni sampai 22 Juni, menurut Enggar memang fluktuatif karena pola konsumsi masyarakat yang meningkat pada paruh terakhir Ramadan. "Kalau dilihat dari siklusnya, maka kemarin itu Jumat Sabtu Minggu terjadi peningkatan penjualan dan rata-rata di atas 30 persen bahkan ada yang 50 persen," ujar Enggar.

(Baca juga: Mendekati Lebaran, Harga Bawang Putih dan Daging Sapi Naik)

Menurut Enggar, pengendalian harga secara ketat akan dilakukan sampai 3 hari setelah Lebaran. Untuk mencegah kekhawatiran masyarakat, dia memastikan bahwa pasokan bahan pokok juga tetap tersedia di toko retail modern dan pasar tradisional, terutama di daerah.

Langkah yang dilakukan jika ada kenaikan harga di daerah, sambung Enggar, adalah mendistribusikan langsung bahan pokok. "Ada daerah yang menaikkan harga daging tetapi kemudian kami kirim daging bekunya sehingga apa yang terjadi? Mereka terpaksa menurunkan harganya," jelas Enggar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...