Mendag Klaim Inflasi Bahan Pokok Tahun Ini Terendah Sejak 2011

Harga daging sapi dan bawang putih yang diklaim oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita jauh lebih rendah ketimbang yang tercatat di aplikasi Bank Indonesia.
Michael Reily
Oleh Michael Reily
22 Juni 2017, 21:12
Enggartiasto Lukita
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim harga dan stok bahan pokok tetap stabil menjelang Lebaran. Upaya pengendalian harga bahan pokok dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sejak tahun 2011 berdasarkan data yang ada, ini inflasi terendah untuk bahan pokok," kata Enggar di kantornya, Kamis, (22/6).

Pergerakan harga satu minggu terakhir, 15 Juni sampai 22 Juni, menurut Enggar memang fluktuatif karena pola konsumsi masyarakat yang meningkat pada paruh terakhir Ramadan. "Kalau dilihat dari siklusnya, maka kemarin itu Jumat Sabtu Minggu terjadi peningkatan penjualan dan rata-rata di atas 30 persen bahkan ada yang 50 persen," ujar Enggar.

(Baca juga: Mendekati Lebaran, Harga Bawang Putih dan Daging Sapi Naik)

Menurut Enggar, pengendalian harga secara ketat akan dilakukan sampai 3 hari setelah Lebaran. Untuk mencegah kekhawatiran masyarakat, dia memastikan bahwa pasokan bahan pokok juga tetap tersedia di toko retail modern dan pasar tradisional, terutama di daerah.

Langkah yang dilakukan jika ada kenaikan harga di daerah, sambung Enggar, adalah mendistribusikan langsung bahan pokok. "Ada daerah yang menaikkan harga daging tetapi kemudian kami kirim daging bekunya sehingga apa yang terjadi? Mereka terpaksa menurunkan harganya," jelas Enggar.

Grafik: Perubahan Harga Bahan Pokok 26 Mei-22 Juni 2017

Enggar menyebutkan bahwa harga daging segar sebesar Rp 114.000. Kemudian bawang putih tipe honan harganya Rp 13.500 di Pasar Induk Kramat Jati dan Rp 25.000 di Pasar Banyuwangi.

Sementara, menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang dikelola Bank Indonesia, pada 22 Juni 2017, harga rata-rata daging sapi kualitas 1 mencapai Rp 130.000 dan daging sapi kualitas 2 menyentuh angka Rp 120.650 per kilogram. Begitu juga harga rata-rata bawang putih, menurut data PIHPS, adalah sebesar Rp 40.100 per kilogram.

(Baca juga: Harga Pangan Stabil Jelang Lebaran, Jokowi Puji 2 Menteri dan Kapolri)

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti menyatakan bahwa distribusi bahan pokok dilakukan oleh Bulog dan pihak swasta untuk menjaga stabilnya harga. "Tidak hanya sekadar memantau, kami melakukan penetrasi," kata dia.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait