Blok Masela dan Tiung Biru Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

Ameidyo Daud Nasution
21 Juni 2017, 21:13
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah memutuskan menambahkan sejumlah proyek ke dalam daftar proyek infrastruktur prioritas untuk mempercepat proses pengerjaannya. Di antaranya adalah beberapa proyek di sektor hulu minyak dan gas bumi untuk menjaga ketahanan energi nasional.

“Salah satunya yang masuk Blok Masela,” kata Kepala Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyiapan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/6). Blok kaya gas di Laut Arafura ini sedang dalam proses penyusunan desain kajian awal (Pre-FEED), setelah sempat terkatung-katung selama setahun terakhir.

(Baca juga:  Pemerintah Siap Berikan Insentif Bagi Pembeli Gas Blok Masela)

Selain Blok Masela, proyek laut dalam Indonesian Deepwater Development (IDD) yang dioperatori Chevron juga dimasukkan dalam daftar proyek strategis nasional. Ada pula proyek pengolahan gas alam cair Tangguh Train 3 dan pengembangan lapangan gas Jambaran – Tiung Baru di Blok Cepu.

Di luar proyek hulu migas, ada pula proyek Jalan tol Probolinggo – Banyuwangi, Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, pengembangan kereta api umum di DKI Jakarta, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 5 Provinsi, dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap di 16 Provinsi.

Selain itu, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur, dan SPAM Bandar Lampung serta pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (waste energy) di delapan kota.

Wahyu juga mengatakan, ada lima proyek kelistrikan yang dikeluarkan dari daftar prioritas. Kelima proyek tersebut adalah High Voltage Direct Current (HVDC); PLTU Mulut Tambang Sumatera Selatan 8, 9, 10; serta tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yakni PLTA Karangkates IV dan V ( 2 x 50 MW), PLTA Kesamben (37 MW), serta PLTA Lodoyo ( 10 MW). “Alasan keluar karena proyek ini tidak dapat dimulai sebelum 2018 mendatang,” kata Wahyu.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...