Ekspor Nonmigas Cetak Pertumbuhan Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir

Michael Reily
20 Juni 2017, 13:12
Pelabuhan ekspor
Arief Kamaludin | Katadata
Aktivitas bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kinerja ekspor dan impor Indonesia kembali mengalami peningkatan hingga Mei 2017. Tercatat, ekspor Januari-Mei 2017 mencapai US$ 68,3 miliar, meningkat sebesar 19,9 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa peningkatan ekspor yang relatif signifikan menunjukkan mulai membaiknya permintaan produk eskpor Indonesia di pasar dunia.

Kenaikan nilai ekspor pada lima bulan pertama tahun ini didukung oleh bertambahnya ekspor nonmigas sebesar 20,1 persen dan ekspor migas mencapai 18,3 persen. Hasil ini adalah pertumbuhan ekspor Januari-Mei terbaik selama lima tahun terakhir.

"Kinerja ekspor nonmigas di periode Januari-Mei 2017 ini jauh lebih baik dari kinerja ekspor nonmigas lima tahun terakhir (2012-2016) yang selalu tumbuh negatif," kata Enggar seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (20/6).

(Baca juga: Impor Naik, Surplus Neraca Dagang Mei Terendah dalam Setahun)

Pada Januari-Mei 2017, menurut Enggar, ekspor ke beberapa negara mitra dagang menunjukkan kinerja positif. Ekspor nonmigas ke India, Tiongkok, dan Belanda naik signifikan dengan masing-masing pertumbuhan sebesar 61,0 persen, 59,5 persen, dan 39,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Lalu, produk yang nilai eskpornya naik tinggi adalah besi dan baja (86,0 persen), karet dan barang dari karet (65,4 persen), batubara (56,5 persen), minyak sawit (49,7 persen), serta kopi, teh, dan rempah-rempah (38,6 persen).

"Peningkatan ekspor yang relatif signifikan tersebut didukung membaiknya kondisi perekonomian dunia dan menguatnya harga komoditas di pasar dunia," kata Enggar.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...