Stok di Pasar Cipinang Berlebih, Harga Beras Turun Sumbang Deflasi

Pingit Aria
19 Juni 2017, 09:51
Beras
Agung Samosir|KATADATA

Hingga delapan hari (H-8) menjelang Lebaran, stok beras di PT Food Station Tjipinang Jaya, Pasar Induk Beras Cipinang mencapai 39.767 ton. Jumlah ini berada di level aman stok beras, yaitu di atas 30 ribu ton.

Hal itu terungkap dari kunjungan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Sabtu (17/6) lalu.

Advertisement

“Stok beras di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia dipastikan aman. Ini hasil kerja sama yang luar biasa dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata Enggar melalui siaran persnya.

(Baca juga:  Harga Pangan yang Tak Lagi Meroket Menjelang Lebaran)

Tak hanya stoknya yang melimpah, harga beras pun dipastikan stabil. Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang dikelola Bank Indonesia, harga beras medium Nasional di kisaran Rp 11.050 – 11.300 per kilogram. Sementara Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan menyebut harga rata-rata beras medium Nasional sekitar Rp 10.600 per kilogram.

"Beras medium saat ini deflasi 0,06 persen,” ujar Enggar.

Selain beras, stok gula pasir dan minyak goreng juga tercatat dalam jumlah aman, masing-masing yaitu 432 ton dan 442 ribu liter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement