Hasil Survei: Kondisi Ekonomi Tetap Positif Usai Pilkada DKI

Asep Wijaya
8 Juni 2017, 21:49
Pilkada DKI II 2017
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Petugas KPPS melakukan penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di TPS 8, Kebon Melati, Jakarta, Rabu (19/4).

Panasnya suhu politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta sempat menimbulkan berbagai kekhawatiran. Namun, usai Pilkada, persepsi masyarakat Indonesia terhadap ekonomi nasional nyatanya tetap positif.

Penilaian itu disampaikan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) berdasarkan hasil survei mengenai "Politik Nasional Pasca Pilkada DKI Jakarta". Survei ini melibatkan 1.500 responden di seluruh Indonesia dengan tingkat kesalahan 2,5 persen.

“Stabilitas ekonomi pasca Pilkada DKI Jakarta bahkan semakin dipersepsi positif oleh 53,9 persen responden yang menilai ekonomi rumah tangga mereka sekarang akan lebih baik pada tahun depan,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/6).

Hasil survei menunjukkan, 40,5 persen responden menilai kondisi ekonomi rumah tangganya pada Mei 2017 lebih baik daripada tahun lalu. Sementara 31,6 persen responden merasa tidak ada perubahan dan hanya 22,6 persen menganggap situasi ekonomi rumah tangganya saat ini lebih buruk daripada tahun lalu.

(Baca juga:  Investasi dan Ekspor Naik, BI Ramal Ekonomi Kuartal II Lebih Tinggi)

Persepsi kondisi ekonomi rumah tangga yang stabil juga sejalan dengan persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi nasional saat ini dibanding tahun lalu. Sebanyak 39,0 persen merasa kondisi ekonomi nasional sekarang lebih baik daripada tahun lalu dan 31,2 persen menilai tidak ada perubahan.

Lebih lanjut, Djayadi, mengatakan, persepsi ekonomi nasional paralel dengan tingkat inflasi. Ini terlihat dari tren perkembangan inflasi sejak pelantikan Presiden Joko Widodo yang bergerak turun hingga 4,17 pada April 2017.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...