Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta Meleset dari Target Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2017, 19:19
Kereta bandara
ANTARA FOTO/Lucky R.
Pembangunan rel kereta api Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, 19 Januari 2017.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memprediksi pengoperasian kereta Bandara Soekarno Hatta akan molor paling tidak hingga bulan September 2017 mendatang. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyatakan target operasional angkutan massal ini pada Juli 2017.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan dari awal jajarannya sudah memprediksi bahwa tidak mungkin mampu mengejar operasional kereta bandara ini pada bulan depan.

Advertisement

"Saya prediksi September (beroperasi)," kata Edi saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jakarta, Kamis (8/6). (Baca juga:  Jokowi Targetkan Kereta Bandara Beroperasi Paling Lama Juli 2017)

Menurut Edi, unit-unit kereta yang dipesannya memang akan tiba pada Juli 2017 mendatang. Namun, Stasiun Manggarai sebagai bagian dari rute kereta bandara ini belum siap betul.

Hal senada diutarakan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono. "Tapi paling tidak harus 2017 (beroperasi)," kata Prasetyo.

Sebelumnya Jokowi menargetkan masyarakat bisa mulai menggunakan kereta bandara pada Juli 2017. Melihat perkembangan pembangunannya, Jokowi memperkirakan proyek ini bisa selesai tepat pada waktunya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement