INKA Siap Serahkan 6 Kereta Tambahan Mudik PT KAI

Serah terima akan dilakukan pertengahan bulan ini, sehingga kereta dapat difungsikan sebelum lebaran.
Miftah Ardhian
3 Juni 2017, 03:00
pemesanan tiket kereta api
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah calon penumpang mengisi formulir pemesanan tiket kereta api di Stastiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/3).

PT Industri Kereta Api (Inka) siap menyerahkan enam set kereta baru pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) guna dioperasikan sebagai armada mudik lebaran tahun ini. Perakitan enam rangkaian kereta baru ini telah masuk tahap finalisasi.

Direktur Utama PT Inka, Agus H Purnomo memastikan kereta tersebut akan rampung tepat waktu. "Sudah siap keretanya, paling lambat pertengahan Juni (serah terima)," ujar Agus di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/6).

Menurut Agus, serah terima enam kereta baru ini akan dilakukan sekaligus. Dengan tambahan sarana tersebut, PT KAI mampu menambah kapasitas armada mudik untuk melayani 4.500 penumpang setiap hari. 

(Baca juga: Produksi 438 Kereta, INKA Berutang Rp 1,69 Triliun ke Bank Mandiri)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mendesak agar enam rangkaian kereta pesanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari PT INKA (Persero) segera diserahterimakan. Sebab, armada baru itu akan digunakan sebagai kereta tambahan saat musim mudik 2017.

"Saya sudah minta ke PT KAI untuk melakukan serah terima paling lambat dua pekan sebelum hari H lebaran," ujar Budi saat ditemui di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Rabu (31/5) lalu.

Sementara Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, tambahan tiket baru akan dijual setelah keenam train set diterima. “Jangan sampai sudah jual tiket, lalu dari enam itu ada gagal,” ujar Edi.

(Baca juga: Penjagaan Terminal dan Stasiun Diperketat Pasca Bom Kampung Melayu)

Menurutnya, keenam rangkaian kereta ini akan melayani empat relasi. Rangkaian pertama akan diperbantukan bagi kereta Bogowonto dengan relasi Stasiun Pasar Senen di Jakarta menuju Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Sementara itu, sebanyak dua rangkaian akan diperbantukan bagi kereta Gaya Baru Malam Selatan yang melaju dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Gubeng di Surabaya.

Di samping itu, dua rangkaian lain akan diperbantukan bagi kereta Madiun. Adapun, satu rangkaian sisanya akan diperbantukan bagi Kereta Tawangjaya dengan relasi Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Semarang Poncol.

Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait