Berkat Penerbangan Langsung, Turis Asing pada April 2017 Melonjak 27%

Image title
2 Juni 2017, 13:05
Wisatawan Asing
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Wisatawan asal Guangzhou Cina berkunjung di Klenteng Kwan Kong, Manado Sulawesi Utara, Sabtu (21/1).

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah kedatangan wisatawan mancanegara pada April 2017 mencapai 1,14 juta kunjungan. Angka itu naik 26,75 persen dibanding April 2016, yaitu dari 901,09 ribu kunjungan. Beberapa rute penerbangan langsung ke luar negeri memicu kenaikan itu.

Secara kumulatif selama Januari sampai April 2017, jumlah kunjungan wisatawan mencapai 4,20 juta kunjungan. “Angka itu naik 19,34 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 3,52 juta kunjungan,” kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Jumat (2/6).

Pria yang akrab disapa Kecuk ini menyatakan bahwa peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara adalah karena adanya beberapa rute baru penerbangan langsung dari luar negeri.

(Baca juga:  Kuartal I, Penerbangan Langsung Tarik 3 Juta Turis Asing ke Indonesia)

Di Bandara Sam Ratulangi, Manado misalnya, jumlah wisatawan asing naik 312,82 persen dari 1.427 menjadi 5.148 orang. “Ini karena ada penerbangan langsung ke beberapa kota di Tiongkok," tutur Kecuk. Bahkan, bulan depan maskapai Korea Selatan Jin Air akan membuka penerbangan langsung dari Negeri Ginseng ke Manado.

Sementara, pengembangan Bandara Internasioan Lombol/BIL, Nusa Tenggara Barat berkontribusi menaikkan kenaikan jumlah wisatawan asing dari 5.470 ke 11.823 orang. Sebagian besar wisatawan tersebut berasal dari Malaysia dan Brunei Darussalam yang memang memiliki penerbangan langsung ke Lombok.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...