Rawan Kecelakaan, Menhub Minta Pemudik Tak Gunakan Motor

Lebih dari separuh dari total kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik lebaran melibatkan pengendara sepeda motor.
Miftah Ardhian
1 Juni 2017, 04:00
motor
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor dalam perjalanan mudik lebaran. Sebab, moda angkutan ini dinilai lebih rawan kecelakaan.

"Tolong ya, jangan menggunakan motor karena riskan sekali. Dari kecelakaan yang ada, lebih dari 50 persen itu melibatkan pengendara sepeda motor," ujar Budi saat ditemui di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Rabu (31/5).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mencatat bahwa kecelakaan di jalan raya pada penyelenggaraan angkutan lebaran tahun lalu melibatkan 8,2 juta unit kendaraan. Dari jumlah itu, 5,14 juta di antaranya adalah sepeda motor.

(Baca juga:  Menhub Berencana Batasi Umur Operasional Bus dan Truk)

Budi mengatakan, perjalanan dengan sepeda motor akan lebih melelahkan baik bagi pengendara maupun penumpangnya. Hal inilah yang diduga menjadi faktor penyulut emosi hingga dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Budi juga menjelaskan, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan program mudik gratis bagi para pemudik yang mau beralih dari penggunaan sepeda motor. Beberapa alternatifnya adalah angkutan transportasi massal seperti kereta api, kapal laut, dan bus. 

Tahun ini, jumlah sepeda motor yang dapat diangkut secara gratis mencapai 48 ribu unit. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan 208 ribu kursi gratis untuk para pemudik yang tersebar di berbagai moda transportasi tersebut.

(Baca juga:  Menhub Minta KAI Jual Tiket Tambahan Mudik dengan Kereta Baru)

"Selain itu, kami himbau para pemudik jalur darat juga menggunakan jalur Selatan, karena masih lengang dan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) itu kan bukan segalanya," ujar Budi.

Secara keseluruhan, Budi mengklaim, persiapan arus mudik ini sudah mencapai 80 persen. Dalam waktu dekat ini, seluruh persiapan mudik lebaran ini ditargetkan mencapai 100 persen.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait